Kuliner khas Korea saat ini sudah sangat menjamur dan menjadi peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup cuan maksimal.
Demam Korea atau Hallyu Wave tak hanya mendominasi kalangan muda Indonesia dari segi drama, musik, maupun cara berpakaian; tapi juga kuliner. Ada banyak anak-anak muda Indonesia, utamanya dari kalangan Gen Z dan milenial, yang menggemari sajian khas Korea. Terlebih, jika kuliner tersebut disajikan dengan kemasan yang unik, opsi rasa yang tidak biasa, dan popular atau sering muncul dalam drama dan variety show yang mereka tonton.
Rekomendasi Ide Bisnis Kuliner Khas Korea di Indonesia
Jika Anda ingin variasi model bisnis yang tepat untuk diterapkan pada usahamu nanti, Anda bisa mempertimbangkannya berdasarkan beberapa peluang bisnis kuliner khas Korea berikut.
Korean Street Food
Beberapa kuliner khas Korea seperti odeng, tteokbokki, corndog, hotteok, dan kimbab sangat cocok untuk dijual sebagai sajian street food. Anda hanya perlu “mendandani” gerai street food Anda dengan unik untuk bisa menarik minat anak muda penggemar Korea. Misalnya, Anda bisa menyajikan kuilner street food tersebut di atas food truck maupun gerai kecil bernuansa Korea.
Korean Fried Chicken
Jika Anda punya usaha fried chicken atau berniat memulai usaha kuliner yang mudah untuk diterapkan, Anda bisa memilih ide bisnis satu ini. Pasalnya, varian ayam goreng dengan saus khas Korea sangat banyak diminati di kalangan muda. Anda bisa coba menambahkan berbagai varian saus seperti soy garlic, spicy gochujang, honey butter untuk melengkapi katalog menumu. Banyak brand lokal maupun franchise Korea yang terbilang sukses di segmen bisnis ini.
Baca juga: Masihkah Bisnis Fried Chicken Lokal Menguntungkan? Ini Analisisnya
Korean BBQ Restaurant
Pasar restoran berkonsep all you can eat terbilang masih sangat besar. Dengan sajian spesifik pada Korean barbeque, Anda bisa menarik minat lebih banyak pelanggan di berbagai kalangan. Model bisnis ini cocok untuk segmen menengah ke atas, dengan konsep makan bersama dan suasana ala Korea. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menyajikan menu minuman khas Korea untuk melengkapi menu bersantap customer.
Korean Café and Dessert
Tidak hanya sajian menu utama, beberapa dessert khas Korea juga terbilang populer dan sangat recommended untuk disajikan di bisnis Anda. Jika Anda berniat memulai bisnis café dengan basis konsep hidangan Korea, cobalah masukkan beberapa menu dessert yang menggiurkan seperti bingsu, croffle, garlic bread, dan dalgona candy di dalam buku menu.
Korean Frozen Food
Banyak penggemar Korea yang ingin menikmati kuliner khas Korea dengan praktis di rumah. Bisnis frozen food seperti mandu, eomuk, odeng, ramyeon instan, atau saus Korea cenderung memiliki pasar yang terus berkembang. Tak hanya lokal, Anda pun bisa memasarkan produk frozen food ini ke seluruh Indonesia.
Baca juga: Peluang & Tren Bisnis Frozen Food Indonesia, dari Ready Meals hingga Produk Bakery
Strategi Sukses Bisnis Kuliner Khas Korea di Indonesia
Untuk sukses menjalani bisnis kuliner khas Korea, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk diterapkan di dalam usahamu nanti. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.
Riset Menu Tren
Sebelum mulai memasukkan berbagai sajian ke dalam buku menu, lakukan riset lebih dahulu untuk menentukan menu khas Korea apa yang wajib Anda highlight dari daftar sajian Anda.
Tentukan Harga yang Terjangkau
Pastikan menu yang Anda sajikan dapat dinikmati oleh segala kalangan, tak terkecuali Gen Z dan milenial. Tentukan harga terbaik yang ramah di kantung, dengan rasa yang menggugah selera.
Ciptakan Experience Bersantap Ala Korea
Anda bisa menambahkan berbagai ornamen dan dekorasi khas Korea, “menyambut” pelanggan dengan musik Kpop, atau menyediakan spot foto instagramable yang tidak hanya estetik namun kental nuansa Korea.
Branding dan Aktivasi Media Sosial
Kekuatan media sosial amat mempengaruhi popularitas dan kesuksesan bisnis dalam beberapa waktu terakhir. Itulah mengapa, branding dan aktivasi media sosial akan sangat penting untuk menarik lebih banyak pelanggan di masa mendatang.
Kolaborasi dengan Layanan Delivery yang Andal
Gen Z & Milenial cenderung lebih suka pesan makanan online dibanding mengunjungi spot makanan secara langsung. Untuk itu, Anda bisa pastikan bisnis mudah diakses lewat aplikasi delivery atau bermitra dengan platform logistik seperti Lalamove untuk memperluas jangkauan.
Baca juga: 5 Tips Mengelola Logistik Harian Restoran & Cafe agar Operasional Tetap Lancar
Percayakan Layanan Delivery Bisnismu pada Lalamove!
Untuk pengiriman barang yang lebih baik dan profesional, pilih Lalamove! Di sini, ada banyak benefit yang bisa Anda dapatkan. Terlebih jika Anda bergabung menjadi Mitra Bisnis Lalamove. Dengan Mitra Bisnis Lalamove, Anda bisa mendapatkan prioritas pengiriman yang memastikan pesanan sampai lebih cepat dan tepat waktu.
Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai keuntungan eksklusif, seperti diskon dan cashback yang membantu menghemat biaya operasional. Tidak hanya itu, fitur-fitur berikut akan mempermudah pengelolaan bisnis Anda:
-
Satu akun untuk banyak pengguna – Kelola tim pengiriman dalam satu platform tanpa perlu akun terpisah.
-
Laporan keuangan yang terpusat – Semua pengeluaran pengiriman tercatat dalam satu laporan bulanan untuk memudahkan pemantauan pemakaian.
-
Asuransi lebih tinggi – Semua pesanan dilindungi dengan asuransi, dan asuransi premium tambahan tersedia sesuai permintaan.
Dengan simak tips di atas dan gabung menjadi Mitra Bisnis Lalamove, dijamin bisnis Anda akan semakin berkembang serta tidak akan kecewa ataupun boncos jika mempercayakan kebutuhan logistikmu pada Lalamove.